Abstract:
Zulfa Zauhar Fauziyyah, NIM 3402190386. “Pengaruh Desain Produk dan
Brand Image Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen Emina di
Toko Jurlap)”. Dibawah bimbingan Dr.Nana Darna, S.E., M.M.
(Pembimbing I) dan Lia Yulia, S.T., M.M. (Pembimbing II).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana pengaruh
desain produk terhadap minat beli produk kosmetik emina pada Toko Jurlap?: 2).
Bagaimana pengaruh brand image terhadap minat beli produk kosmetik emina
pada Toko Jurlap?: 3). Bagaimana pengaruh desain produk dan brand image
terhadap minat beli produk kosmetik emina pada Toko Jurlap?. Adapun tujuan
dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui pengaruh desain produk terhadap
minat beli pada produk kosmetik emina pada Toko Jurlap. 2). Untuk mengetahui
pengaruh brand image terhadap minat beli pada produk kosmetik emina pada
Toko Jurlap. 3). Untuk mengetahui pengaruh desain produk dan brand image
terhadap minat beli pada produk kosmetik emina pada Toko Jurlap. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif
dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu
analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien korelasi berganda, analisis
koefisien determinasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi linier berganda,
analisis uji t dan uji F. hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan
bahwa desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
besarnya pengaruh 69,3% sementara 30,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Sedangkan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
beli besarnya pengaruh 81,5% sementara 18,5 sisanya dipengaruhi oleh faktor
lain. Selanjutnya desain produk dan brand image berpengaruh positif terhadap
minat beli besarnya pengaruh 83,6%, sedangkan 16,4% lainnya dipengaruhi oleh
faktor lain. Saran dari peneliti dalam penelitian ini yaitu: 1). Desain produk yang
dimiliki kosmetik Emina sudah baik, namun alangkah baiknya produk kosmetik
Emina lebih diperhatikan lagi terutama dalam aspek model, peneliti menyarankan
baiknya produk kosmetik Emina memiliki model terbaru terhadap setiap
kemasannya yang lebih menarik dan sesuai trend yang ada sehingga diharapkan
kedepannya akan semakain banyak memikat minat konsumen. 2).Brand image
yang dimiliki kosmetik Emina sudah baik, namun alangkah baiknya produk
kosmetik Emina lebih diperhatikan lagi terutama dalam aspek citra pemakai,
peneliti menyarankan dengan mengadakan promosi ataupun iklan yang unik
diberbagai macam media sosial. 3).Minat beli konsumen pada produk Kosmetik
Emina di Toko Jurlap sudah terbilang baik. Namun alangkah baiknya jika hal
tersebut dapat diperhatikan atau bahkan ditingkatkan, untuk membangun
ketertarikan atau minat bisa dilakukan dengan menonjolkan keunggulan-
keunggulan seperti, manfaat atau kandungan bahan yang tidak ada dari produk
pesaing. Sehingga akan lebih memudahkan untuk dapat menarik minat dari
konsumen.