Unigal Repository

Strategi Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Good Governance (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar)

Show simple item record

dc.contributor.author SUPRIYATNA, YAYAT
dc.contributor.author Darna, Nana
dc.contributor.author Herlina, Elin
dc.date.accessioned 2019-08-26T04:28:09Z
dc.date.available 2019-08-26T04:28:09Z
dc.date.issued 2019-08-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/340
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada Strategi Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Good Governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar? (2) Bagaimana penyelenggaraan good governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar? (3) Bagaimana strategi optimalisasi pelayanan publik dalam penyelenggaraan good governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar?. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mempelajari, mengetahui, dan menganalisis (1) Pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar. (2) Penyelenggaraan good governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar. (3) Strategi optimalisasi pelayanan publik dalam penyelenggaraan good governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar belum dilaksanakan sesuai dengan asas-asas pelayanan publik. Hal ini disebabkan dari enam indikator yaitu sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan, transparansi dan keadilan. Yang sudah dilaksanakan dengan baik yaitu akuntabel, berkelanjutan, transparansi dan keadilan. Dan yang belum dilaksanakan dengan baik yaitu sederhana dan partisipatif. (2) Penyelenggaraan good governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar belum dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan prinsip-prinsip good governance. Dari empat indikator yaitu akuntabilitas, transparansi, partisipasi dan aturan hukum. Yang sudah dilaksanakan dengan baik yaitu akuntabilitas, transparansi dan aturan hukum. Sedangkan yang belum dilaksanakan dengan baik yaitu partisipasi. (3) Strategi optimalisasi pelayanan publik dalam penyelenggaraan good governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu mengoptimalkan sumber daya manusia dalam peningkatan kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat. en_US
dc.subject Strategi, Pelayanan Publik, Penyelenggaraan Good Governance en_US
dc.title Strategi Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Good Governance (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account