Abstract:
Firman Indra Maulana, NIM. 3402190056. Pengaruh Servant Leaderships
dan Communication Interpersonal terhadap Commitment Organizational
(Suatu studi Pada PT Karya Utama Kurnia Abadi Pangandaran). Di bawah
bimbingan Bapak Dr. H. Sukomo, Drs., M.Si. (Pembimbing I) dan Bapak
Kasman, Drs. MM. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Servant Leaderships dan Communication
Interpersonal terhadap Commitment Organizational (Suatu studi Pada PT Karya
Utama Kurnia Abadi Pangandaran). Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini
meliputi: 1) Seberapa besar pengaruh servant leadership terhadap commitment
organizational pada PT Karya Utama Kurnia Abadi Pangandaran ?; 2) Seberapa
besar pengaruh communication Interpersonal terhadap commitment
organizational Pada PT Karya Utama Kurnia Abadi Pangandaran ?; 3) Seberapa
besar pengaruh servant leadership dan communications interpersonal terhadap
commitment organizational pada PT Karya Utama Kurnia Abadi Pangandaran?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh servant
leadership terhadap commitment organizational pada PT Karya Utama Kurnia
Abadi Pangandaran. 2) Pengaruh communication Interpersonal terhadap
commitment organizational Pada PT Karya Utama Kurnia Abadi Pangandaran; 3)
Pengaruh servant leadership dan communications interpersonal terhadap
commitment organizational pada PT Karya Utama Kurnia Abadi Pangandaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kuantitatif sedangkan untuk teknik pengambilan sample dalam
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk metode
menganalisis data mengunakan metode statistik yaitu dengan analisis regresi
sederhana yang meliputi koefisien korelasi sederhana, koefesien determinasi,
regresi linier sederhana dan regresi berganda meliputi koefesien korelasi
berganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis
(uji t dan uji F). Hasil penelitian dan pengolahan data menujukan bahwa : 1)
servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap commitment
organizational sebesar 59,00% sementara 41,00% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti. Dengan kata lain jika servant leadership meningkat maka akan
meningkatkan commitment organizational. 2) Communication interpersonal
berpengaruh positif dan signifikan terhadap commitment organizational sebesar
59,80% sementara 40,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan
kata lain jika communication interpersonal meningkat maka akan meningkatkan
commitment organizational. 3) Servant leadership dan communications
interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap commitment
organizational sebesar 71,74% sementara 28,26% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti. Dengan kata lain jika servant leadership dan communications
interpersonal meningkat maka akan meningkatkan keputusan pembelian.