Abstract:
Yuni Lestari, NIM. 3402190054. “Pengaruh Social Media Marketing dan
Tagline terhadap Brand Awareness (Suatu Studi Pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Galuh Ciamis Konsumen Indomie)”. Dibawah
bimbingan Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan
Bapak Kasman, Drs., M.M. (Pembimbing II).
Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan masalahnya adalah sebagai
berikut: 1]. Bagaimana pengaruh social media marketing terhadap brand
awareness produk Indomie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Galuh?; 2]. Bagaimana pengaruh tagline terhadap brand awareness produk
Indomie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh?; 3]. Bagaimana
pengaruh social media marketing dan tagline terhadap brand awareness produk
Indomie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 1.285 konsumen dengan menggunakan
teknik simple random sampling didapat jumlah sampel sebanyak 93 orang. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu: analisis regresi linier, koefisien korelasi,
koefisien determinasi, uji t dan uji f.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data maka dapat diketahui persamaan
regresinya yaitu : Y = -0,64 + 0,63X 1 + 0,66X 2 yang artinya apabila nilai X 1
bertambah 1 maka Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,63, begitupula apabila
X 2 bertambah 1 maka nilai Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,66. Namun
apabila X1 dan X2 tidak bertambah atau = 0 maka Y = -0,64. Koefisien korelasi
antara variabel Social Media Marketing dan Tagline terhadap Brand Awareness
yaitu sebesae 0,84. Berdasarkan tabel tingkat koefisien korelasi, angka 0,84
berada di antara 0,80-1,000 yang artinya sangat kuat. Maka dapat disimpulkan
bahwa social media marketing dan tagline terhadap brand awareness memiliki
korelasi terhadap brand awareness dengan tingkat korelasi sangat kuat. Social
Media Marketing dan Tagline terhadap Brand Awareness mempunyai pengaruh
sebesar 70,5% dan sisanya 29,44% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Nilai F hitung sebesar 107,9 F hitung > F tabel atau 107,9 > 3,10 artinya Social Media
Marketing dan Tagline secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap Brand
Awareness. Dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.