Abstract:
Mia Siti Ramadhani, NIM. 3402190083.”Pengaruh Customer Relationship
Management dan Corporate Social Responsibility Terhadap Customer
Loyalty” (Studi pada Konsumen Ms Glow Agen Ciamis)”. Dibawah
bimbingan Dr.Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M (Pembimbing I) dan Kasman,
Drs., M.M (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan
Corporate Social Responsibility Terhadap Customer Loyalty (Suatu Studi pada
Konsumen Ms Glow Agen Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi :1). Bagaimana
pengaruh Customer Relationship Management terhadap Customer Loyalty Ms
Glow Agen Ciamis ?;2).Bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility
terhadap Customer Loyalty Ms Glow Agen Ciamis?;3).Bagaimana pengaruh
Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility
terhadap Customer Loyalty Ms Glow Agen Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1). Besaran pengaruh Customer
Relationship Management terhadap Customer Loyalty Ms Glow Agen Ciamis ; 2).
Besaran pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Customer Loyalty Ms
Glow Agen Ciamis; 3). Besaran pengaruh Customer Relationship Management
dan Corporate Social Responsibility terhadap Customer Loyalty Ms Glow Agen
Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif .Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan analisis Koefisien korelasi sederhana,Analisis Koefisien Korelasi
Berganda,Analisis Regresi Linier Berganda ,Analisis Koefisien Determinasi dan
Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Customer
Relationship Management dan Corporate Social Responsibility berpengaruh
positif terhadap Customer Loyalty di Ms Glow Agen Ciamis dengan besarnya
pengaruh 63,3% sedangkan 36,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain .
Diharapkan Ms Glow Agen Ciamis lebih meningkatkan dan memperhatikan
Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility
sehingga akan meningkatkan loyalitas konsumen .