Abstract:
Galikh Cahya Gumilar. NIM 3402190205. Pengaruh Discount Price dan
Promotion Terhadap Impulse Buying (Suatu Studi Pada Pengguna Shopee di
Kecamatan Langkaplancar) Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Oyon
Saryono,M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Faisal Haris Eko Prabowo, S.E.,
M.M (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh discount price dan promosi
terhadap perilaku impulse buying di platform e-commerce Shopee. Impulse
buying adalah pembelian yang dilakukan secara spontan dan tanpa pertimbangan
yang matang. Fenomena ini sering terjadi dalam lingkungan e-commerce, di mana
adanya penawaran harga diskon dan promosi dapat mempengaruhi perilaku
konsumen. Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi: untuk mengetahui
pengaruh discount price terhadap impulse buying pada pengguna shopee di
Kecamatan Langkaplancar; Mengetahui bagaimana pengaruh promotion terhadap
impulse buying pada pengguna shopee di Kecamatan Langkaplancar; mengetahui
bagaimana pengaruuh discount price dan promotion terhadap impulse buying pada
pengguna shopee di Kecamatan Langkaplancar. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah motode survei dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview,
kuisioner, dan studi pustaka. Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan
adalah dengan analisis deskriptif dan asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa discount price berpengarh positif dan signifikan terhadap impulse buying;
promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying; discount
price dan promotion berengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.