Abstract:
Indah Nurjanah, NIM. 3402190398, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap
Brand Awareness di Era Society 5.0 (Suatu Studi pada Pengguna E-
Commerce Tokopedia di Kecamatan Ciamis)”. Dibawah bimbingan Bapak
Dr. Nana Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Hj. Nina Herlina, Ir.,
M.M. (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand
Awareness di Era Society 5.0 (Suatu Studi pada Pengguna E-Commerce
Tokopedia di Kecamatan Ciamis)”.
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh digital
marketing terhadap brand awareness di era society 5.0 pada pengguna e-
commerce Tokopedia di Kecamatan Ciamis ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap brand awareness di era
society 5.0 pada pengguna e-commerce Tokopedia di kecamatan Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah
pengguna e-commerce Tokopedia di Kecamatan Ciamis, dengan ukuran sampel
sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode observasi, metode kuesioner dan metode literatur. Sedangkan untuk
menganalisis data digunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis
Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Uji
Hipotesis (Uji t). Hasil dari penelitian dan pengelolaan data secara deskriptif
menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Brand Awareness di era Society 5.0 pada pengguna E-Commerce
Tokopedia di Kecamatan Ciamis, dengan besarnya pengaruh 41,09% dan sisanya
58,91% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Diharapkan pihak Tokopedia harus memperhatikan pemasaran produk melalui e-
mail untuk memberikan postingan atau pesan promosinya yang lebih menarik dan
pihak strategi pemasaran yang bisa mendorong pembelian (recognition) produk
atau layanan artinya perusahaan harus lebih fleksibel dalam menciptakan kualitas
layanan yang diberikan Tokopedia sehingga konsumen akan melakukan
pembelian melalui Tokopedia dibandingkan dengan e-commerce lain. Sehingga
hal tersebut akan berdampak pada kesadaran merek (brand awareness).