dc.description.abstract |
Resti Dwi Anggraeni. NIM. 3402190292. Pengaruh Iklan Social Media
Instagram dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Skincare MS Glow (Studi Pada Konsumen Store MS Glow Kawali Kabupaten
Ciamis). Dibawah Bimbingan Dr. H. Oyon Saryono, Drs., M.M.
(Pembimbing I) dan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M
(Pembimbing II).
Banyaknya pengguna skincare menjadikan para pelaku bisnis yang bergerak
dibidang yang sama, terus bersaing dan berinovasi dalam membuat dan
mengembangkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Strategi
pemasaran tersebut dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan
penjualan mereka. Salah satu pelaku bisnis yang menghadapi persaingan yaitu
Agen produk skincare terlaris di Indonesia yang melakukan strategi pemasarannya
dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Namun strategi pemasaran yang
dilakukan belum efektif untuk menarik konsumen dalam memutuskan membeli.
Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Iklan Social Media Instagram dan
Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare MS Glow”
(Studi Pada Konsumen Store MS Glow Kawali Kabupaten Ciamis). Adapun
tujuan penelitian ini yaitu 1] Untuk mengetahui pengaruh iklan social media
instagram terhadap keputusan pembelian produk skincare MS Glow Kawali
Ciamis, 2] Untuk mengetahui pengaruh reference group terhadap keputusan
pembelian produk skincare MS Glow Kawali Ciamis, 3] Untuk mengetahui
pengaruh iklan social media instagram dan reference group terhadap keputusan
pembelian produk skincare MS Glow Kawali Ciamis. Adapun metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Store MS Glow Kawali
Ciamis yang melakukan transaksi pembelian produk skincare MS Glow. Teknik
penentuan sampel menggunakan simple random sampling, data diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner kepada 91 responden. Teknik analisis data menggunakan
analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien korelasi berganda,regresi linear
berganda, koefisien determinasi, uji t, serta uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1] Iklan Social Media Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian produk skincare MS Glow Kawali Ciamis ; 2] Reference
Group berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk
skincare MS Glow Kawali Ciamis ; 3] Secara Simultan, Iklan Social Media
Instagram dan Reference Group berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian produk skincare MS Glow Kawali Ciamis. |
en_US |