Abstract:
Ratna Komalasari, 3402190516. “Pengaruh Corporate Social Responsibility
dan Public Relation Terhadap Produktivitas Perusahaan (Suatu Studi pada
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang terdaftar di BEI periode
Tahun 2018-2022)”. Dibawah bimbingan Dr. H. Sukomo, Drs., M.Si.
(Pembimbing I) dan H. Roni Marsiana Suhendi, SE., MM. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Corporate Social Responsibility &
Public Relation Terhadap Produktivitas Perusahaan Suatu Studi pada PT Bank
Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang terdaftar di BEI periode Tahun 2018-
2022)”.. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Seberapa
besar pengaruh corporate social responsibity yang diukur dengan metode content
analysis terhadap produktivitas perusahaan yang diukur dengan Indeks
Produktivitas Parsial PT. BRI (Persero) Tbk.?; 2]. Seberapa besar pengaruh
public relation yang diukur dengan metode content analysis terhadap
produktivitas perusahaan yang diukur dengan Indeks Produktivitas Parsial PT.
BRI (Persero) Tbk.?; 3]. Seberapa besar pengaruh corporate social responsibity
yang diukur dengan metode content analysis dan public relation yang diukur
dengan metode content analysis terhadap produktivitas perusahaan PT. BRI
(Persero) Tbk.? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis 1]. Untuk mengetahui besarnya pengaruh corporate social
responsibity yang diukur dengan metode content analysis terhadap produktivitas
perusahaan yang diukur dengan Indeks Produktivitas Parsial PT. BRI (Persero)
Tbk.; 2]. Untuk mengetahui besarnya pengaruh public relation yang diukur
dengan metode content analysis terhadap produktivitas perusahaan yang diukur
dengan Indeks Produktivitas Parsial PT. BRI (Persero) Tbk. ; 3]. Untuk
mengetahui besarnya pengaruh corporate social responsibility yang diukur
dengan metode content analysis dan public relation yang diukur dengan metode
content analysis terhadap perusahaan yang diukur dengan Indeks Produktivitas
Parsial PT. BRI (Persero) Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data
yang diperoleh digunakan Koefisien Korelasi Sederhana, Koefisien Determinasi
(KD) dan Uji t (Uji Hipotesis atau Uji Signifikansi), Koefisien Korelasi Beranda,
Regresi Linier Berganda, dan Uji F (Uji Hipotesis atau Uji Signifikansi).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: 1]. Corporate
Social Responsibility yang diukur dengan metode content analysis berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Produktivitas Perusahaan yang di ukur dengan
Indeks Produktivitas Parsial pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Adapun besarnya pengaruh sebesar 85,6%.% ; 2]. Public Relation yang diukur
dengan metode content analysis berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Produktivitas Perusahaan yang di ukur dengan Indeks Produktivitas Parsial pada
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Adapun besarnya pengaruh sebesar
98,01% ; 3. Corporate Social Responsibility yang diukur dengan metode content
analysis dan Public Relation yang diukur dengan metode content analysis
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Perusahaan yang di
ukur dengan Indeks Produktivitas Parsial pada PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk. Adapun besarnya pengaruh sebesar 95%.