Abstract:
Ida Haedar Faridah. NIM. 3402190310. Pengaruh Marketing Public Relation
Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu studi pada
restoran cepat saji CFC Ciamis). Dibawah Bimbingan Bapak H. Oyon
Saryono, M.M (Pembimbing I) dan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E.,
M.M (Pembimbing II).
Adanya persaingan bisnis yang menjadi semakin ketat membuat setiap perusahaan
harus terus berinovasi dalam mengembangkan strategi pemasaran. Persaingan
tersebut dialami oleh berbagai industri termasuk industri makanan salah satunya
pada bidang restoran cepat saji yang sedang populer di kalangan remaja dan
dewasa. Berbagai merek restoran cepat saji terus bersaing untuk meningkatkan
dan mempertahankan penjualan mereka. Namun ada salah satu merek asli
Indonesia yang tidak cukup populer, hal tersebut disebabkan oleh strategi
pemasaran yang digunakan oleh merek tersebut masih kurang efektif dalam
menarik konsumen hingga menyebabkan mereka tidak memutuskan untuk
bertransaksi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh
marketing public relation terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui
pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui
pengaruh marketing public relation dan ekuitas merek terhadap keputusan
pembelian. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah
metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen yang datang ke store CFC Ciamis yang melakukan transaksi
atau pembelian. Teknik penentuan Sampel menggunakan simple random
sampling, data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 87 responden.
Teknik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien
korelasi berganda, regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, serta uji f.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Marketing Public Relation berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada restoran cepat saji CFC
Ciamis. Ekuitas Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
pada restoran cepat saji CFC Ciamis. Secara simultan, Marketing Public Relation
dan Ekuitas Merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
pada restoran cepat saji CFC Ciamis.