Unigal Repository

Konteks dan Konten Matematika di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Ai Tusi
dc.contributor.author Isyanto, Agus Yuniawan
dc.contributor.author Toto
dc.date.accessioned 2023-05-30T00:50:43Z
dc.date.available 2023-05-30T00:50:43Z
dc.date.issued 2022-07-01
dc.identifier.citation Fatimah, A. T., Isyanto, A. Y., & Toto. (2022). Konteks dan Konsep Matematika di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. en_US
dc.identifier.issn 978-623-448-178-5
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3116
dc.description.abstract Buku "Konteks dan Konsep Matematika di SMK/MAK Bidang Agribisnis dan Agriteknologi: Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar” merupakan salah satu rangkaian hasil penelitian STEAM-H (Science, Technology, Engineering, Agriculture, Mathematics & Health) di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi. Di Indonesia, SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi merupakan sekolah kejuruan pada bidang pertanian. Matematika merupakan bagian dari STEAM-H yang masuk pada salah satu mata pelajaran di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi. Buku ini menggali konteks pertanian dalam ruang lingkup SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi yang terkoneksi dengan konten Matematika. Koneksi ini terjalin dua arah, konteks pertanian dan konten matematika. Hal ini menimbulkan pertanyaan. Konteks pertanian apa saja yang membutuhkan Matematika dalam penyelesaian masalah? Konten Matematika seperti apa yang dibutuhkan peserta didik SMK/MAK pertanian untuk menyelesaikan masalah pertanian? Dengan mengetahui koneksi konteks pertanian dan konten Matematika, guru dapat mempertimbangkan dan memperdalam standar isi matematika yang akan dikaji bersama peserta didiknya. Standar isi merupakan kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi yang sesuai dengan capaian kompetensi lulusan SMK/MAK yang diproyeksikan selaras dengan dunia kerja. Pengetahuan guru terhadap koneksi konteks pertanian dan konten matematika dapat membantu implementasi kurikulum di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi. Hal ini selaras dengan Kurikulum Merdeka yang menuntun guru Mata Pelajaran Matematika SMK/MAK untuk memberikan materi yang bersifat umum di Kelas X sebagai dasar pembelajaran pada tingkat kelas berikutnya. Di Kelas XI dan Kelas XII, materi Matematika diberikan sebagai pendalaman materi dalam konteks kejuruan pada masing-masing program keahlian. en_US
dc.description.sponsorship Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi 2022 DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI, RISET, DAN TEKNOLOGI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,RISET, DAN TEKNOLOGI en_US
dc.publisher Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia en_US
dc.subject agribisnis dan agriteknologi en_US
dc.subject konteks en_US
dc.subject konsep matematika en_US
dc.title Konteks dan Konten Matematika di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account