Unigal Repository

SISTEM BILANGAN REAL DI SMK AGRITEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEAM-H)

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Ai Tusi
dc.contributor.author Isyanto, Agus Yuniawan
dc.contributor.author Toto
dc.contributor.author Nurtiasih, Tia
dc.contributor.author Fauziyyah, Iis Nita
dc.date.accessioned 2023-05-25T02:38:00Z
dc.date.available 2023-05-25T02:38:00Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.citation Fatimah, A. T., Isyanto, A. Y., Toto, Nurtiasih, T., & Fauziyyah, I. N. (2022). Sistem Bilangan Real di SMK Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM-H). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. en_US
dc.identifier.isbn 978-623-448-289-8
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3092
dc.description.abstract Bahan ajar Sistem Bilangan Real di SMK Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM-H) fokus pada ruang lingkup materi sistem bilangan real yang merupakan bagian dari standar isi mata pelajaran matematika di sekolah tingkat menengah. STEAM-H (Science, Technology, Engineering, Agriculture, Mathematics & Health) menjadi pendekatan pembelajaran matematika yang digunakan untuk mengantarkan peserta didik mengoneksikan konsep matematika dalam konteks kejuruan pengolahan hasil pertanian. Bahan ajar ini terdiri dari pendahuluan, rencana pembelajaran, materi pembelajaran, lembar kerja, dan soal tes. Pendahuluan mendeskripsikan posisi matematika dalam Kurikulum Merdeka, peran bilangan dalam konteks pengolahan hasil pertanian dan STEAM-H, ruang lingkup materi sistem bilangan real yang selaras dengan program keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian, serta teknik merancang capaian pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja peserta didik, dan penilaian. Rencana pembelajaran merupakan skenario pembelajaran yang mendeskripsikan seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran mulai dari tes awal hingga evaluasi pembelajaran. Materi pembelajaran mendeskripsikan konsep-konsep tentang sistem bilangan real yang melibatkan definisi dan sifat-sifatnya serta aplikasinya dalam pengolahan hasil pertanian. Lembar kerja peserta didik mengantarkan peserta didik untuk mengontruksi pengetahuan sistem bilangan real dari konteks pengolahan hasil pertanian serta mengembangkan kemampuan matematis seperti koneksi, penalaran, komunikasi, dan number sense. Soal tes terdiri dari tes awal dan tes akhir. Pendekatan pembelajaran matematika berbasis STEAM-H hadir sebagai implementasi dari pembelajaran multidisiplin yang mengoneksikan sains, teknologi, rekayasa, pertanian, matematika, dan kesehatan sebagai konteks pembelajaran. Implementasi tersebut penting dilakukan untuk mengembangkan berbagai kemampuan matematis peserta didik terutama kemampuan pemecahan masalah, koneksi, representasi, penalaran, dan komunikasi. Kemampuan- kemampuan tersebut mendukung kecakapan Abad-21 yang menuntut peserta didik memecahkan masalah dunia nyata yang semakin kompleks. en_US
dc.description.sponsorship Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas pendanaannya pada Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi Tahun 2022 en_US
dc.publisher Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia en_US
dc.subject Bilangan en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.subject Pengolahan hasil pertanian en_US
dc.subject STEAM-H en_US
dc.title SISTEM BILANGAN REAL DI SMK AGRITEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEAM-H) en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account