Abstract:
Nadhilah. NIM 3402170522. Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap
Proses Rekrutmen (Suatu Studi pada Toserba Pajajaran Banjar). Di bawah
bimbingan Bapak Dr. Nana Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Hj.
Nina Herlina, Ir., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya proses rekrutmen yang
dilakukan Toserba Pajaajran Banjar yang dapat dilihat dari masih ada karyawan
yang belum sepenuhnya memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang kerja
yang diembannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimana reputasi Toserba Pajajaran Banjar?; 2) Bagaimana proses penerimaan
karyawan baru pada Toserba Pajajaran Banjar?; 3) Bagaimana pengaruh reputasi
perusahaan terhadap penerimaan karyawan baru pada Toserba Pajajaran Banjar?.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Reputasi
Toserba Pajajaran Banjar; 2) Proses penerimaan karyawan baru pada Toserba
Pajajaran Banjar; 3) Pengaruh reputasi perusahaan terhadap penerimaan karyawan
baru pada Toserba Pajajaran Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi
dalam penelitian adalah pegawai pada Toserba Pajajaran Kota Banjar dengan
sebanyak 45 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 45 orang. Dalam
penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi
kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat
ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Reputasi perusahaan pada Toserba
Pajajaran Kota Banjar sudah baik, hal tersebut karena berdasarkan tanggapan
responden mengenai reputasi perusahaan dengan indikator yang meliputi
ketertarikan emosi (emotional appeal), produk dan layanan (product and
services), lingkungan kerja (workplace environment), performa finansial
(financial performance), visi dan kepemimpinan (vision and leadership) dan
tanggungjawab sosial (social responsibility) yang menunjukkan sudah baik; 2)
Proses rekrutmen pada Toserba Pajajaran Kota Banjar selama ini sudah cukup
baik, hal tersebut karena berdasarkan tanggapan responden mengenai proses
rekrutmen dengan indikator yang meliputi karena telah sesuai dengan indikator
dalam penelitian ini yang meliputi pengiklanan lowongan kerja, kontak awal
dengan calon pekerja dan seleksi untuk mengumpulkan calon pekerja yang
berkualitas yang menunjukkan sudah cukup baik; 3) Terdapat pengaruh positif
dan signifikan reputasi perusahaan terhadap proses rekrutmen pada Toserba
Pajajaran Kota Banjar. Artinya apabila reputasi perusahaan sudah baik maka
proses rekrutmen akan meningkat.