Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh influencer endorsement dan daya tarik
iklan terhadap kepuasan pembelian pada Skincare Yufa Derma. Permasalahan
yang dihadapi meliputi: 1) Bagaimana pengaruh influencer endorsement terhadap
kepuasan pembelian pada produk Skincare Yufa Derma. 2) Bagaimana pengaruh
daya tarik iklan terhadap kepuasan pembelian pada produk Skincare Yufa Derma.
3) Bagaiman pengaruh influencer endorsement dan daya tarik iklan terhadap
kepuasan pembelian pada produk skincare Yufa Derma. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan
analisis asosiatif/verifikatif (koefisien korelasi product moment, koefisien
determinasi, uji t, regresi linear saderhana, koefisien korelasi berganda, uji f dan
regresi berganda). Hasil penelitian menunjukan bahwa influencer endorsement
dan daya tarik iklan berpengaruh terhadap kepuasan pembelian yang ditunjukan
dari hasil analisis asosiatif/verifikatif bahwa koefisien korelasi berganda,
influencer endorsement dan daya tarik iklan memiliki hubungan yang kuat dengan
kepuasan pembelian. Sedangkan untuk hipotesis penelitian berpengaruh
signifikan dan teruji kebenarannya. Artinya apabila influencer endorsement dan
daya tarik iklan sudah baik, maka kepuasan pembelian akan meningkat. Dengan
demikian hipotesis ketiga dapat diterima dan teruji kebenarannya. Diharapkan
Owner Toko Skincare Yufa Derma kepada para influencer dalam mengendors
produk melalui media sosial dapat lebih menyakinkan konsumennya terkait
keunggulan produk, mempromosikan produknya melalui iklan untuk lebih
menonjolkan kualitas produk dan menampilkan ciri khas produknya dengan cara
memberikan informasi secara jelas yang pada akhirnya berdampak pada
peningkatan kepuasan pembelian.