Abstract:
Penelitian yang penulis lakukan yaitu “Perbandingan Pengaruh Metode
Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand
Dalam Tenis Meja”. Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan
diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran bagian dan
keseluruhan keterampilan pukulan forehand dalam tenis meja pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Cikoneng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah true-eksperiment design, salah satu desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah “two group pretest-posttest design”. Populasi dalam
penelitian ini populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng yang berjumlah
70 orang yang terdiri dari kelas VIII A = 26 orang, kelas VIII B = 27 orang, dan
kelas VIII C = 17. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Berdasarkan tabel
tersebut, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara
metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan terhadap
peningkatan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Cikoneng, yaitu dengan diperolehnya nilai t-hitung=0,21, karena t-hitung > t-tabel atau
0,21 > 2,048, dengan nilai t-tabel(α)=0,05 dengan dk=(n1+n2-2), yaitu diperoleh t-
tabel = 2,048. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik, maka penulis
menemukan beberapa kesimpulan, yaitu sebagai berikut:
1. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bagian terhadap
peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Cikoneng.
2. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran keseluruhan terhadap
peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Cikoneng.
3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan
metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan
forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng, artinya
latihan pukulan forehand tenis meja dengan metode pembelajaran bagian lebih
signifikan dilakukan dibandingkan dengan latihan forehand tenis meja dengan
metode pembelajaran keseluruhan dalam upaya peningkatan keterampilan
pukulan forehand tenis meja.