dc.description.abstract |
Tujuan studi dokumenter ini untuk mengetahui keefektifan model PjBL serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
keefektifan model PjBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 11 Ciamis.
Penelitian ini merupakan penelitian secara kualitatif melalui pendekatan triangulasi. Instrumen yang digunakan berupa
dokumen hasil belajar psikomotor, kuesioner wawancara, serta beberapa dokumen lain yang dapat mempengaruhi hasil
belajar diantaranya RPP, bahan ajar yang digunakan, serta media pembelajaran. Subjek penelitian adalah dokumen hasil
belajar psikomotor siswa kelas VII A. Sampel diambil secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Teknik analisis
data melalui reduksi, menyajikan data, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar psikomotor
berada dalam kategori baik sekali. Kesimpulan penelitian ini bahwa ketercapaian hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai
faktor baik dari diri siswa maupun dari lingkungan belajar. Faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan penggunaan
model PjBL diantaranya: (1) kelompok diskusi, (2) rasa tidak mudah putus asa, serta (3) motivasi siswa untuk belajar.
Implikasi dari penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan model PjBL untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor
khusunya pada materi klasifikasi makhluk hidup.dan perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk materi yang lain. |
en_US |