dc.contributor.author |
Rahayu, Yuyu |
|
dc.contributor.author |
Erlin, Euis |
|
dc.contributor.author |
Sopyan, Taupik |
|
dc.date.accessioned |
2023-04-30T12:24:06Z |
|
dc.date.available |
2023-04-30T12:24:06Z |
|
dc.date.issued |
2021-10 |
|
dc.identifier.issn |
2722-6069 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3020 |
|
dc.description.abstract |
Self efficacy merupakan faktor psikologis dalam diri siswa yang memiliki peran untuk mempengaruhi hasil belajar
kognitifnya. Siswa yang memiliki self efficacy tinggi akan mencapai hasil belajar kognitif yang tinggi pula begitupun
sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar kognitif
siswa pada materi fungi. Waktu penelitian dari bulan Februari sampai bulan Juli 2021. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas X MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti. Sampel yang digunakan siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
korelasional. Instrumen yang digunakan angket self efficacy dan dokumentasi hasil penilaian kognitif materi fungi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar
kognitif siswa pada materi fungi. Hal ini ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,864 yang artinya berkorelasi sangat
tinggi dan thitung ≥ ttabel, yaitu 10,07 ≥ 2,04 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat hubungan yang positif dan
signifikan. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
J-KIP (JURNAL KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN) |
en_US |
dc.subject |
self efficacy, hasil belajar kognitif, fungi |
en_US |
dc.title |
HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FUNGI DI SMAN 1 CIHAURBEUTI |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |