Abstract:
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya self confidence yang mengakibatkan tidak percaya dengan
kemampuan yang dimilikinya sehingga kemampuan komunikasi matematisnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara self confidence dengan kemampuan komunikasi matematis siswa tahun ajaran
2021/2022 di SMA Negeri 1 Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan jenis penelitian adalah kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali sebanyak 216 siswa. Dalam penelitian ini
sampel yang digunakan sebanyak 140 siswa dengan mengggunakan rumus Slovin. Dalam penelitian, variabel penelitiannya
yaitu self confidence sebagai variabel X dan kemampuan komunikasi matematis sebagai variabel Y. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah angket untuk mengukur self confidence, tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi
matematis. Instrumen yang digunakan diuji coba terlebih dahulu, uji validitas dengan rumus perhitungan Product Moment
Pearson, reliabilitas dengan rumus perhitungan Cronbach’s Alpha, indeks kesukaran dan daya pembeda menggunakan
anatesv4. Kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji koefisien korelasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self
confidence dengan kemampuan komunikasi matematis dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,567 dengan kategori
cukup kuat.