| dc.contributor.author | Astuti Aprilia, Fuji | |
| dc.contributor.author | Erlin, Euis | |
| dc.contributor.author | Warsono | |
| dc.date.accessioned | 2023-04-30T11:31:02Z | |
| dc.date.available | 2023-04-30T11:31:02Z | |
| dc.date.issued | 2021-05 | |
| dc.identifier.issn | 2339-0468 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3013 | |
| dc.description.abstract | Keterampilan proses sains merupakan pendekatan dalam pembelajaran IPA maupun Biologi yang baik untuk diterapkan. Namun, pada pelaksanaannya keterampilan proses sains masih kurang berkembang. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya efektivitas penggunaan model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik belajar secara aktif dalam melakukan aktivitas ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap keterampilan proses sains pada materi pencemaranlingkungan siswa MAN 2 Ciamis. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulanFebruarisampai Juli 2020..Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari tiga kelas . Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposesampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan siswa – siswa tersebut memiliki kemampuan yang homogen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain one-group pretest-postest design. Hasil analisis menunjukkan Model Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan sains. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji median bahwa Whitung < Wtabel yaitu W = 36 < 101,44, yang artinya penerapan Model Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E berpengaruh sangat signifikan terhadap keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan siswa MAN 2 Ciamis. Besarnya pengaruh diperoleh berdasarkan hasil uji effect size yang menunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E memiliki pengaruh tinggi terhadap keterampilan proses sains dengan nilai sebesar 2,54. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi | en_US |
| dc.subject | Keterampilan Proses Sains , Model Learning Cycle 5E | en_US |
| dc.title | PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILANPROSES SAINS SISWA SMA | en_US |
| dc.type | Article | en_US |