Unigal Repository

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi padaUMKM Makroni Bantet Suci yang bertempat di Desa Lebakwangi Kec. Malausma Kab. Majalengka)

Show simple item record

dc.contributor.author Mansur, Dika Maulana
dc.contributor.author Darna, Nana
dc.contributor.author Yulia, Lia
dc.date.accessioned 2023-04-11T03:49:40Z
dc.date.available 2023-04-11T03:49:40Z
dc.date.issued 2023-03-06
dc.identifier.issn 3402180506
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2706
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada pengaruh marketing mix terhadap keberhasilan minat beli konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Marketing Mix UMKM Makroni Bantet Suci?, 2) Bagaimana Minat Beli Konsumen UMKM Makroni Bantet Suci?, 3) Bagaimana Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Makroni Bantet Suci?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi ini diambil dari jumlah konsumen yang datang selama satu tahun 2021 yaitu sebanyak 2.783 orang, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 orang dengan menggunakan rumus slovin. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu observasi, studi kepustakaan dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis analisis regresi sederhana, koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesi. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Marketing mix pada UMKM Makroni Bantet Suci di Desa Lebakwangi Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka berada pada kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi angket dengan rata-rata skor sebesar 2.684 atau jika dirata-ratakan sebesar 335,5 yang termasuk kategori baik,. Artinya marketing mix yang diterapkan oleh UMKM Makroni Bantet Suci berada dalam kategori baik dengan skor yang tertinggi adalah pada indikator lokasi (place) yaitu dengan rata-rata skor 340, sementara skor yang paling rendah yaitu pada indikator harga (price) yaitu dengan rata-rata 331,5, 2) Minat beli konsumen pada UMKM Makroni Bantet Suci di Desa Lebakwangi Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka berada pada kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi angket dengan rata-rata skor sebesar 2.644 atau jika dirata-ratakan sebesar 330,5 yang termasuk kategori cukup baik,. Artinya minat beli konsumen yang diterapkan oleh UMKM Makroni Bantet Suci berada dalam kategori baik dengan skor yang tertinggi adalah pada indikator tindakan (action) yaitu dengan rata-rata skor 334 sementara skor yang paling rendah yaitu pada indikator perhatian (attention) yaitu dengan rata-rata 328,5, 3) Marketing Mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada UMKM Makroni Bantet Suci di Desa Lebakwangi Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka, hasil uji korelasi sebesar 0,601 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 36,12% yang artinya bahwa marketing mix berpengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 36,12%. Artinya apabila penerapan marketing mix optimal, maka minat beli konsumen akan meningkat. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Marketing Mix, Minat Beli Konsumen en_US
dc.title PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi padaUMKM Makroni Bantet Suci yang bertempat di Desa Lebakwangi Kec. Malausma Kab. Majalengka) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account