Unigal Repository

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOSERBA GUNASALMA KAWALI

Show simple item record

dc.contributor.author Rohmansyah, Roni
dc.contributor.author Budianto, Apri
dc.contributor.author Kartika, Risna
dc.date.accessioned 2023-02-08T07:18:21Z
dc.date.available 2023-02-08T07:18:21Z
dc.date.issued 2023-02-03
dc.identifier.issn 3402170126
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2539
dc.description.abstract Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali?; 2) Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali?; dan 3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; 2) Pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; dan 3) Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode survey explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toserba Gunasalma Kawali, yang mana jumlah pelanggan Toserba Gunasalma Kawali pada bulan Agustus 2022 adalah sebanyak 22.997. Dengan menggunakan simple random sampling maka sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu: analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; 2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; dan 3) Kualitas layanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali. Saran yang dapat diberikan yaitu Pimpinan maupun Manager Toserba Gunasalma Kawali diharapkan dapat memberikan pelayanan prima serta menetapkan atau menawarkan harga jual produk yang terjangkau oleh pelanggan agar tingkat kepuasan pelanggan dalam berbelanja menjadi lebih meningkat. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Kualitas Layanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOSERBA GUNASALMA KAWALI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account