Abstract:
Penelitian ini dilator belakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian
konsumen pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Galuh terhadap produk Le Mineral belum sepenuhnya optimal. Hal
tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan green marketing dan minat
beli konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana
pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale?; 2)
Bagaimana pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale?;
3) Bagaimana pengaruh green marketing dan minat beli terhadap keputusan
pembelian produk Le Minerale pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh
Program Studi Manajemen?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis: 1) Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk Le
Minerale; 2) Pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale;
3) Pengaruh green marketing dan minat beli terhadap keputusan pembelian produk Le
Minerale pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Program Studi
Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survey dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Sutdi Manajemen Universitas Galuh
tahun angkatan 2019 yaitu sebanyak 437 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini
adalah sebanyak 81 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari
hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan green
marketing Le Minerale selama ini adalah sudah baik. Selanjutnya berdasakan hasil
pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan green
marketing terhadap keputusan pembelian konsumen; 2) Minat beli konsumen pada
produk Le Minerale di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Program Studi
Manajemen selama ini adalah tinggi. Selanjutnya berdasakan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan minat beli
konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen; 3) Keputusan pembelian
konsumen pada produk Le Minerale di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Program
Studi Manajemen selama ini adalah tinggi. Selanjutnya berdasakan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan green marketing
dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Le
Minerale di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Program Studi Manajemen, artinya
semakin baik green marketing dan semakin tinggi minat beli konsumen maka
keputusan pembelian konsumen akan meningkat.