Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Faktor Psikologis dan Karakteristik
Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (suatu studi pada Perusahaan Kerupuk
Mirasa Cikoneng Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Apakah
faktorpsikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mirasa?
2].Apakah karakteristik konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk Mirasa? 3]. Apakah faktor psikologis dan karakteristik konsumen
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mirasa?. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh faktor
psikologis terhadap keputusan pembelian produk Mirasa Cikoneng Ciamis.; 2].
Pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk Mirasa
Cikoneng Ciamis; 3]. Pengaruh faktor psikologis dan karakteristik konsumen
terhadap keputusan pembelian produk Mirasa Cikoneng Ciamis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survei, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan
wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random
sampling dengan ukuran sampel sebanyak 95 responden. Sedangkan untuk
menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi
Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Ganda, Analisis Regresi Linier Ganda, Uji
Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t) dan
Uji Signifikansi (Uji F).. Untuk memperoleh data penelitian yang dibutuhkan
digunakan teknik studi pustaka dan studi lapangan.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa 1]. Faktor
psikologis berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan besarnya
pengaruh 57,76% 2]. Karakteristik konsumen berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian dengan besarnya pengaruh 73,96% 3]. Faktor psikologis dan
karakteristik konsumen secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian pada perusahaan kerupuk Mirasa Cikoneng Ciamis dengan besarnya
pengaruh 76,39%.