Unigal Repository

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL

Show simple item record

dc.contributor.author SEPTIYANI, DEPI
dc.contributor.author Erlin, Euis
dc.contributor.author Tusi Fatimah, Ai
dc.date.accessioned 2022-12-30T03:52:59Z
dc.date.available 2022-12-30T03:52:59Z
dc.date.issued 2022-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2400
dc.description.abstract ABSTRAK DEPI SEPTIYANI, (2118180015), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. Kemampuan berpikir kritis merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh siswa, khususnya dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dimaksudkan agar siswa mampu membuat atau merumuskan, mengidentifikasi, menafsirkan dan merencanakan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 3 Ciamis Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisi berdasarkan empat indikator diantaranya interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya: reduksi data, penyajian data dan penarikan keimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator interpretasi, hampir semua siswa mampu mengintrpretasi soal. Siswa dengan kemampuan rendah belum mampu menginterpretasikan soal, siswa berkempuan sedang belum mampu sepenuhnya menginterpretasikan soal dan siswa dengan kemampuan tinggi mampu menginterpretasikan soal dengan baik dan lengkap. 2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator analisis, hanya sebagian siswa yang mampu menganalisis soal dengan baik. Siswa dengan kemampuan rendah dan sedang belum mampu menganalisis soal dengan baik. Siswa dengan kemampuan tinggi mampu menganalisis soal dengan baik dan tepat. 3) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator evaluasi, hanya sebagian siswa yang mampu mengevaluasi soal. Siswa yang berkemampuan rendah dan sedang belum mampu mengevaluasi soal, masih terdapat kesalahandalam perhitungannya. 4) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator inferensi, hanya beberapa siswa yang mampu menginferensi soal. Siswa berkemampuan rendah dan sedng belum mampu menginferensi soal. Siswa dengan kemampuan tinggi mampu menginferensi soal namun belum lengkap. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Soal Kontekstual en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Soal Kontekstual. en_US
dc.title KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account