Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) Terhadap Manajemen Laba di Perusahaan PT. Unilever
Indonesia, Tbk Periode 2015-2019”.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1. Bagaimana
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan PT.
Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019?; 2. Bagaimana Manajemen Laba
pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019?; dan 3.
Seberapa besar pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)
terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode
2015-2019? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan PT.
Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019; 2. Untuk mengetahui Manajemen
Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019; dan 3.
Untuk mengetahui Besarnya Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever
Indonesia, Tbk periode 2015-2019. Metode yang digunakan penulis dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk
menganalisis data yang diperoleh digunakan Statistik Deskriptif, Koefisien
Korelasi Sederhana, Regresi Linier Sederhana, Koefisien Determinasi, Uji
Statistik t, dan Uji F
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa : 1. Pengungkapan
Corporate Social Responsibility pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk
Periode 2015-2019 sudah berjalan sangat baik. Dari tahun ke tahun Pengungkapan
Corporate Social Responsibility selalu mengalami kenaikan, kecuali di tahun 2019
yang mengalami sedikit penurunan, jika dirata-ratakan besarnya nilai
Pengungkapan Corporate Social Responsibility dari tahun 2015 sampai tahun
2019 pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk sebesar 0,66 setiap tahunnya
dan rata-rata perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 0,01 setiap
tahunnya; 2. Manajemen Laba di Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode
2015-2019 diketahui sudah diaudit sesuai KAP Big 4 oleh Siddharta Widjaya &
Rekan (KPMG). Hal ini berarti dari tahun 2015 s/d 2019 PT. Unilever Indonesia,
Tbk sudah sesuai dengan variabel dummy yaitu sesuai KAP Big 4; 3.
Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan
terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode
2015-2019. Artinya Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak
menberikan pengaruh yang nyata terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT.
Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019.