Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum optimalnya kinerja pemerintah Desa dalam pelayanan publik di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi studi Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Triangulasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara Tahap reduksi data, penyajian data, dan Mencari Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada dimensi produktivitas belum dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator Pemerintah desa dapat melakukan inovasi pelayanan yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pemeritah desa tersebut belum dapat dilakukan dengan baik. Pada dimensi kualitas layanan belum dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut disebabkan masih pada indikator adanya kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa terkait pelayanan publik belum berjalan dengan baik. Pada dimensi responsivitas sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut disebabkan semua indikator dudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik oleh Pemerintahan Desa Cijuang. Pada dimensi akuntabilitas sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dpat diketahui dari indikator – indikator pada dimensi akuntabilitas sudah berjalan dengan baik.