Abstract:
Penelitian dilakukan karena adanya permasalah dimana, Secara kualitas kemampuan kepala desa dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat melalui pemerintahan yang bersih dan terbuka, masih belum dilaksanakan. Hal ini diketahui dengan pemberian laporan kepada masyarakat hanya dilaksanakan satu tahun sekali. pada saat Musdes. Secara kuantitas masih banyak misi organisasi pemerintah desa kertaharja yang belum tercapai seperti halnya misi tentang menjadikan desa Kertaharja sebagai kawasan industri perumahan.Memberdayakan badan usaha milik desa (BumDes) untuk mendorong usaha ekonomi masyarakat dan memberdayakan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh lembaga yang berkepentingan. Secara kerjasama, baik antara pmerintah desa dengan masyarakat maupun dengan pemerintah masih belum optimal, diantaranya masih ada program pemerintah yang kurang di respon oleh masyarakat, seperti pembangunan masyarakat melalui BUMDes, pembangunan saluran air dan pembangunan masyarakat madani. Metode yang digunkan adalah deskriptif kualitatif, dengan hasil sebagai berikut. kinerja Kepala Desa Dalam Pencapaian Visi Misi Organisasi pada Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, telah di laksanakan sesuai indikator kinerja meliputi kuantitas pekerjaan (quantity of work) Kualitas pekerjaan (quality of work).Kemandirian (Depemdability). Inisiatif (initiatif) Adaptabilitas (Adaptabuility). Kerjasama (corporation), Hambatan yang dihadapi terkait masalah kompetensi SDM, dan dana dalam setiap kegiatan. Upaya yang telah di laksanakan adalah dengan melakukan musyawarah untuk mufakat dan melakukan alokasi anggaran untuk mengatasi masalah dana. Sedangkan saran yang dapat digunakan antara lain. Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis hendaknya terus meningkatkan SDM yang ada agar dapat memahami dan mengerti tentang perwujudan visi dan misi dan hendaknya mengalokasikan dana yang di butuhkan agar perwujudan visi dan misi dapat dilaksanakan secara optimal.