Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi Kualitas Pelayanan Prima di UPTD Puskesmas Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis belum optimal. Hal itu terlihat dari beberapa indikator masalah yaitu kurangnya ketanggapan petugas terhadap pasien sehingga pasien harus menunggu lebih lama dari biasanya untuk mendapatkan pelayanan, sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti kursi ditempat pengambilan obat. Metode penelitian ini sebanyak 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara). Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kualitas Pelayanan Prima di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis secara umum kurang dilaksanakan secara optimal, karena terdapat hambatan-hambatan, seperti kurangnya anggaran yang digunakan untuk menambah fasilitas tempat duduk, kurangnya respon pemahaman petugas atas keluhan yang dialami oleh masyarakat seperti dalam meminta surat rujukan ke rumah sakit petugas kurang memahaminya, sehingga petugas harus menanyakan terlebih dahulu kepada petugas yang lain, hal ini juga dapat memperlambat waktu pelayanan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dilakukan upaya diantaranya memanfaatkan fasilitas ditempat lain yang tidak terpakai seperti kursi dan ditempatkan atau dipakai ditempat pengambilan obat.