Abstract:
Sumber daya manusia yang berkualitas akan menunjang terhadap efektifitas sebuah organisasi dalam mencapai sebuah tujuan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Perangkat Desa dalam pelayanan administratif di kantor kepala desa rancah kecamatan rancah kabupaten ciamis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu doumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data terdiri dari data primer dengan jumlah 10 informan dan data sekunder. Dalam penelitian ini untuk mengukur sebuah kinerja perangkat desa menggunakan beberapa dimensi yaitu : quality, quantity, timeliness, cost effectiveness, need for supervision, dan interpersonal impact. Dari beberapa dimensi tersebut, menunjukan bahwa kinerja perangkat desa dalam pelayanan administratif di kantor kepala desa rancah dapat dikatakan belum optimal. Adapun hambatan yang ditemukan yaitu kurangnya kompetensi, kedisiplinan, komunikasi, akurasi dan kecepatan perangkat desa dalam bekerja. Adapun upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kompetensi perangkat desa dengan pelatihan, meningkatkan kontrol serta meningkatan intensitas komunikasi antara perangakat desa dengan masyarakat.