Abstract:
Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kalipucang Kabupaten Pangandaran belum dilaksanakan dengan optimal, dikarenkan masih ditemukan beberapa indikator permasalahan diantaranya : 1) Lambat dan kurang tanggapnya pegawai puskesmas dalam memberikan penanganan kepada masyarakat. seperti kurangnya kedisiplinan petugas atau aparatur dalam melakukan pelayanan, kecermatan petugas dalam melayani pelanggan dan pegawai kurang mampu untuk menggunakan alat bantu dalam proses pelayanan. 2) Jarangnya dilakukan bimbingan, kurang profesionalisme pegawai, rendahnya kemampuan sumber daya manusia, kurangnya pengalaman, adanya sikap mendahulukan kepentingan pribadi daripada masyarakat , jarangnya pelaksanaan pengembangan SDM dan kurangnya keberanian untuk mencoba.. Metode yang digunakan ialah metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi , observasi,dan wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 8 orang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kalipucang Kabupaten Pangandaran yang diukur dengan 5 dimensi dan terdiri dari 12 indikator, dimana terdapat 6 indikator yang belum berjalan dengan optimal diantaranya, kedisiplinan petugas atau aparatur dalam melakukam pelayanan, kecermatan petugas dalam melakukan dalam melayani pelanggan, keahlian petugas dalam menggunakan alat bantu dalam proses pelayanan, petugas atau aparatur melakukan pelayanan dengan cepat, mendahulukan kepentingan pemohon atau pelanggan, petugas melayani dan menghargai setiap pelanggan.