Unigal Repository

Penguatan Literasi Sejarah Untuk Meningkatkan Historical Thingking Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Firmansyah, Haris
dc.contributor.author Putri, Astrini Eka
dc.contributor.author Hakim, Luqmanul
dc.date.accessioned 2022-11-20T17:08:22Z
dc.date.available 2022-11-20T17:08:22Z
dc.date.issued 2022-09-01
dc.identifier.issn 2580-0027
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2234
dc.description.abstract Penelitian ini bertujun untuk mengetahui strategi guru dan bentuk evaluasi pembelajaran penguatan literasi sejarah untuk meningkatkan historical thingking peserta didik. Metode Kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitianya di MAN 1 Pontianak. Adapun hasil penelitian ini yakni (1) Penguatan literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah sangat penting dilakukan, guru sejarah. Guru tidak hanya terpaku dengan buku teks atau buku paket sejarah yang disediakan namun menfaatkan buku-buku sejarah yang disesuaikan dengan SK dan KD yang sedang dibahas guna menambah informasi dan materi sejarah yang disampaikan kepada peserta didiknya. Selain itu guru juga memanfaatkan literasi sejarah berbasis digital yang dapat membantu peserta didik dalam mengeksplor sumber-sumber sejarah. Dalam memperkuat literasi sejarah guru menyampaikan sejarah lokal. Sebagai upaya dalam meningkatkan Historical Thiniking peserta didiknya guru mengimplemenasikan metode diskusi dan debat. (2) Evaluasi merupakan komponen penting, harus dilaksanakan guna melihat keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari evaluasi berfungsi sebagai feedback bagi guru dalam memperbaiki kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan diskusi ini ada guru sejarah menyiapkan rubrik penilaian dengan indikator penilaian seperti kemampuan dalam mempresentasikan, mengutarakan pendapat, memahami isi materi serta pemaknaan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap materi sejarah yang dibawakan. Evaluasi berbasis HOTS juga digunakan guru. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Artefak, Universitas Galuh en_US
dc.subject literasi sejarah en_US
dc.subject pembelajaran sejarah en_US
dc.subject historical hihinking en_US
dc.title Penguatan Literasi Sejarah Untuk Meningkatkan Historical Thingking Peserta Didik en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal Artefak
    The Jurnal Artefak was first published in 2014 based on a decree. ISSN 0005.0188/JI.3.2/SK.ISSN/2014.03 and ISSN: 2355-5726. The Jurnal Artefak also has an electronic ISSN: 2580-0027. Since 2017 with SK ISSN 0005.25800027/JI.3.1/SK.ISSN/2017.05 (19 May 2017). Every year the Jurnal Artefak publishes twenty articles for two issues in April and September. The focus of the studies carried out in this publication include history, historiography, educational history, and socio-culture. Currently the editorial staff of the Artifact Journal led by Aan Suryana, S.Pd., M.Pd. The editorial staff of the Jurnal Artefak is located in the Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Galuh at the FKIP Building 3rd floor, Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis, 46274 West Java. email: jurnalartefak@unigal.ac.id.

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account