Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kompetensi Karyawan di PT. Bank MandiriCabang Otto Iskandardinata Kota Tasikmalaya belum optimal. Hal ini terlihatdari beberapa indikator permasalahan, yaitu: kurangnya kemampuan karyawandalammelaksanakanpekerjaandanmasihadanyakaryawanyangbekerjaantidak sesuai aturan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitianinisebanyak9orang.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputi:observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakanyaitu:pengumpulandata,reduksidata,penyajiandata,danverifikasi.Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kompetensi Karyawan di PT. Bank MandiriCabangOttoIskandardinataKotaTasikmalayabelumdilaksanakansecaraoptimalseperti:masihterdapatnyabeberapakaryawanyangtidakmemilikikesesuaian pendidikan, belum adanya pengalaman yang dimiliki karyawan, masihrendahnyakeahliankerjayangdimilikikaryawan,sertakurangnyasikaptanggung jawab yang dimiliki karyawan. Untuk mengatasi hambatan-hambatandilakukanupayadiantaranyamengoptimalkandimensikompetensiuntukmewujudkankompetensi karyawanyang optimal.