Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangiolehpelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Gardujaya belum memberikan kepuasan kepada pasien secara optimal.Tujuan dari penelitian, 1) Untuk mengetahui pelayanan kesehatan di Puskesmas Gardujaya 2)Untuk mengetahui kepuasan pasien di puskesmas Gardujaya 3) Untuk mengetahui pengaruh antara pelayanan kesehatan terhadap kepuasan Pasien di Puskesmas Gardujaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi diambildari rata-rata pasien yang datang ke Puskesmas Gardujaya sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik slovin sebanyak 29 orang. Teknik analisis data yaitu uji instrument, analisis regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa :Hasil penelitian mengenai pelayanan di Puskesmas Gardujaya diperoleh skor sebesar 97,4 atau 67,17% termasuk kategori cukup baik. Artinya pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas Gardujaya sudah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik.Hasil penelitian mengenai kepuasan pasien di Puskesmas Gardujaya sebesar 1.169 dengan rata-rata skor sebesar 97,41 atau 67,18% termasuk kategori cukup baik, artinya kepuasan pasien Puskesmas Gardujaya sudah cukup baik sesuai dengan indikator kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perhitungan korelasi antara dua variabel yaitu pelayanan (X) dan kepuasan pasien (Y), didapat nilai rxy sebesar 0,67 dengan menggunakan pedoman untuk memberikan interpretasi kefisien korelasi maka dapat dianalisis bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan dengan kepuasan pasien. Selanjutnya dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 44,89 yang artinya 44,89% kepuasan pasien dipengaruhi oleh pelayanan