Abstract:
Dilatarbelakangi belum optimalnya Pelayanan Pencatatan Nikah oleh Pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran, disebabkan kurangnya sumber daya manusia, kurangnya sosialisasi tentang pengurusan persyaratan pencatatan nikah, kurangnya penyediaan sarana dan prasana, kurangnya kedisiplinan pegawai dalam memberikan pelayanan, serta kurangnya kemampuan pegawai dalam menggunakan alat bantu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelayanan pencatatan nikah oleh pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran belum optimal, terbukti dari 10 indikator yang diteliti hanya terdapat 4 indikator yang telah dilaksanakan dengan optimal, selebihnya masih terdapat faktor penghambat dalam pelayanan yaitu minimnya anggaran, kurangnya sumber daya manusia, pegawai kurang mempunyai moralitas yang tinggi, serta kurangnya kemampuan pegawai dalam menggunakan alat bantu. Upaya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan kemampuan pegawai, melakukan evaluasi setiap minggu yang bertujuan untuk memberikan bimbingan konseling agar pegawai memiliki moralitas serta tanggung jawab yang tinggi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta melakukan permohonan tambahan anggaran melalui Kemenag.