Abstract:
Pelayanan yang dilakukan oleh perangkat desa belum berjalan dengan efektif, Tujuan diadakannya penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas pelayanan yang dilakukan oleh perangkat desa dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelayanan yang diberikan oleh perangkat desa belum berjalan dengan efektif, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi dengan mengacu pada 8 dimensi yang terdiri dari 16 indikator, dimana terdapat 10 indikator yang masih belum efektif diantaranya, jadwal waktu pelayanan, target waktu dalam menyelesaikan tugas pelayanan, perhitungan biaya yang rinci dalam memberikan pelayanan, target yang harus dicapai dalam memberikan pelayanan, standar atau ketentuan yang menjadi dasar dasar dalam memberikan pelayanan, peningkatan rasa kepercayaan diri masyarakat terhadap pelayanan yang dilakukan oleh perangkat desa, masyarakat yang memilih model pelayanan yang diinginkannya, pelayanan yang diberikan sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, sasaran yang jelas dalam memberikan pelayanan dan pencapaian jumlah target masyarakat yang dilayani.