dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi Pelayanan Administrasi Kependudukan Oleh Pegawai Kantor Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis belum optimal. Hal itu terlihat dari beberapa indikator masalah yaitu masih rendahnya kualitas sumber daya pegawai, minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat mengenai syarat-syarat administratif, serta sarana dan prasarana yang ada untuk keperluan pelayanan kurang memadai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini sebanyak 8 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pelayanan Administrasi Kependudukan Oleh Pegawai Kantor Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis secara umum kurang dilaksanakan secara optimal karena terdapat hambatan-hambatan, seperti: Kurangnya kesadaran yang dilakukan antar pegawai, kurangnya informasi berkas pelayanan, kurang jelasnya pedoman, kurang transparansi pemungutan biaya pelayanan yang dilakukan oleh pegawai, kurangnya pelatihan, serta kurangnya ketersediaan sarana-prasarana yang memadai. Untuk mengatasi hambatan-hambatan dilakukan upaya diantaranya mengoptimalkan semua faktor-faktor pendukung untuk mewujudkan pelayanan umum yang baik. |
en_US |