Unigal Repository

PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE, DAN KELINCAHAN TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Show simple item record

dc.contributor.author Ramdani, Fajar
dc.contributor.author RISMA
dc.contributor.author RUSTIAWAN, HENDRA
dc.date.accessioned 2022-10-27T04:59:14Z
dc.date.available 2022-10-27T04:59:14Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2132
dc.description.abstract Fajar Ramdani, 2124180116. PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE, DAN KELINCAHAN TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA. Selama penulisan skripsi ini, penulis dibawah bimbingan Ibu Risma, S.Si., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Bapak Hendra Rustiawan, M.Pd. sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh pendekatan latihan massed practice, dan distributid practice terhadap hasil latihan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa ekstra kurikuler SMP MTSS Riyadlushorfiyyah. (2) Perbedaan pengaruh kemampuan kelincahan tinggi dan kelincahan rendah terhadap hasil latihan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa ekstrakurikuler MTSS Riyadlushorfiyyah. (3) Interaksi antara pendekatan latihan massed practice, distributed practice dan kelincahan terhadap hasil latihan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa ekstra kurikuler MTSS Riyadlushorfiyyah Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstra kurikuler MTSS Riyadlushorfiyyah yang berjumlah 60 orang. Sempel sebanyak 40 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratatified random sampling. Dari jumlah populasi 60 orang diambil 40 siswa berdasarkan hasil tes kelincahan yang diklasifikasikan menjadi tiga yaitu kelincahan tinggi, sedang, dan rendah. Sampel yang digunakan adalah 20 siswa kategori kelincahan tinggi dan 20 siswa kategori kelincahan rendah, sedangkan 20 siswa kategori kelincahan sedang tidak digunakan dalam sampel. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu kelincahan dengan tes Shutle run, dan tes kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola dari. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut :(1) Ada perbedaan pengaruh signifikan latihan menggiring bola dengan pendekatan latihan massed practice dan distributed practice terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa ekstrakurikuler MTSS Riyadlushorfiyyah. Pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola yang ditimbulkan oleh pemberian perlakuan bentuk pendekatan latihan yang berbeda yaitu pendekatan latihan massed practice dan pendekatan latihan distributed practice ternyata rata-rata peningkatannya berbeda, yaitu 1.93 dan 2.25. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan terjadi lebih baik pada pendekatan latihan massed practice daripada pendekatan distributed practice. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikasi antara kelincahan tinggi dan kelincahan rendah terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa ektrakurikuler MTSS Riyadlushorfiyyah. Kelompok siswa yang memiliki kelincahan tinggi rata-rata peningkatan lebih baik daripada kelompok siswa yang memiliki kelincahan rendah. Rata-rata peningkatannya 1.38 dan 2.80. (3) Ada interaksi antara pendekatan latihan massed practice, distributed practice dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa ektrakurikuler MTSS Riyadlushorfiyyah. Secara keseluruhan penggunaan pendekatan latihan dapat meningkatkan kemampuan menggiringl bola karena pendekatan latihan dapat meningkatkan kelincahan yang berpengaruh terhadap kemampuan menggiring bola. Tetapi peningkatan ini ditentukan oleh tingkat tingkat kelincahan yang dimiliki oleh siswa, jika kelincahan yang dimiliki tinggi maka hasil kemampuan menggiring bola akan dapat optimal dengan baik tetapi jika kelincahan yang dimiliki rendah maka hasil kemampuan menggiring bola kurang begitu optimal. Kata kunci : massed practice, distributed practice, dan kelincahan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PRODI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject massed practice, distributed practice, dan kelincahan. en_US
dc.title PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE, DAN KELINCAHAN TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account