Unigal Repository

PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS TASIKMALAYA

Show simple item record

dc.contributor.author RAMADHAN, DICKY
dc.contributor.author MUNIR
dc.contributor.author MULYANI, SRI
dc.date.accessioned 2022-10-26T07:03:26Z
dc.date.available 2022-10-26T07:03:26Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2120
dc.description.abstract ABSTRAK Dicky Ramadhan. 2022. PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti ingin mengubah kondisi pembelajaran yang pasif menjadi kondisi pembelajaran yang aktif dan menarik. Metode suggestopedia dipandang sebagai metode yang efektif untuk merangsang siswa menemukan imajinasi menggunakan musik sehingga mampu mengumpulkan kata-kata untuk disusun menjadi bait atau larik puisi yang utuh. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? 3) Bagaimanakah perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA. 3) Untuk mengetahui perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode suggestopedia pada kelas X MA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif dalam penelitian inidilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) dengan membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Penggunaan metode suggestopedia dalam pembelajaran menulis puisi mampu mengubah kemampuan siswa dalam hal menulis puisi. Karena metode suggestopedia mempu menciptakan lingkungan belajar yang tenang dengan alunan music. Sehingga siswa senantiasa focus untuk mengikuti pelajaran. Selain itu dengan metode suggestopedia, siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan, ide, mengembangkan daya pikir kreativitas siswa dalam menulis. Kata kunci : Menulis Puisi, Metode Suggestopedia, Metode Kuantitatif en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Menulis Puisi, Metode Suggestopedia, Metode Kuantitatif en_US
dc.title PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS TASIKMALAYA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account