dc.contributor.author |
RAMADHAN, DICKY |
|
dc.contributor.author |
MUNIR |
|
dc.contributor.author |
MULYANI, SRI |
|
dc.date.accessioned |
2022-10-26T07:03:26Z |
|
dc.date.available |
2022-10-26T07:03:26Z |
|
dc.date.issued |
2022-07 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2120 |
|
dc.description.abstract |
ABSTRAK
Dicky Ramadhan. 2022. PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI
KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS
Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti ingin mengubah kondisi
pembelajaran yang pasif menjadi kondisi pembelajaran yang aktif dan
menarik. Metode suggestopedia dipandang sebagai metode yang efektif
untuk merangsang siswa menemukan imajinasi menggunakan musik
sehingga mampu mengumpulkan kata-kata untuk disusun menjadi bait
atau larik puisi yang utuh. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1)
Bagaimanakah bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA? 2)
Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? 3) Bagaimanakah
perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan
pembelajaran menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan
bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan
metode suggestopedia pada siswa kelas X MA. 2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode
suggestopedia pada kelas X MA. 3) Untuk mengetahui perubahan
kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran
dengan metode suggestopedia pada kelas X MA. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif dalam penelitian
inidilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel
atau lebih (independen) dengan membuat perbandingan atau
menghubungkan dengan variabel yang lain. Penggunaan metode
suggestopedia dalam pembelajaran menulis puisi mampu mengubah
kemampuan siswa dalam hal menulis puisi. Karena metode suggestopedia
mempu menciptakan lingkungan belajar yang tenang dengan alunan
music. Sehingga siswa senantiasa focus untuk mengikuti pelajaran. Selain
itu dengan metode suggestopedia, siswa dapat mengungkapkan atau
mengekspresikan gagasan, ide, mengembangkan daya pikir kreativitas
siswa dalam menulis.
Kata kunci : Menulis Puisi, Metode Suggestopedia, Metode Kuantitatif |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Menulis Puisi, Metode Suggestopedia, Metode Kuantitatif |
en_US |
dc.title |
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS TASIKMALAYA |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |