Unigal Repository

PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL DI KELAS VII SMP N 2 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, CHANIA FIKIDA
dc.contributor.author MUNIR
dc.contributor.author MULYANI, SRI
dc.date.accessioned 2022-10-26T06:57:47Z
dc.date.available 2022-10-26T06:57:47Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2119
dc.description.abstract ABSTRAK Pembelajaran ini berjudul “Pembelajaran Menulis Pantun Dengan Menggunakan Model Kontekstual di Kelas VII SMP N 2 Padaherang Kabupaten Pangandaran”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa terdapat beberapa masalah yang didapati pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP N 2 Padaherang, hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya kemampuan siswa dalam menulis pantun, yaitu dalam membuat pantun yang sesuai dengan tema dan objek yang ditentukan. Serta siswa masih kurang mampu dalam menentukan sampiran. Permasalahan ketiga siswa terlihat pasif sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa hanya menyimak penjelasan yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks pantun dengan menggunakan model kontekstual, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks pantun menggunakan model kontekstual, mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam menulis teks pantun setelah melakukan pembelajaran menggunakan model kontekstual. Metode yang digunakan dalam peneliti ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual tersusun berdasarkan perencanaan program kurikulum 2013 dan Kriteria RPP menurut Permendikbud No. 41/2007. Secara keseluruhan perencanaan pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual termasuk kategori baik; 2) Langkah-langkah menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir; 3) Perubahan kemampuan siswa. Dilihat dari hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa distribusi data adalah normal. Varian data penilaian menulis pantun pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama atau homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada pascatest kelas kontrol (84,29 > 76,86), maka itu artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata antara nilai menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual dan nilai menulis pantun dengan menggunakan model discovery learning. Hasil uji korelasi, nilai koefisien korelasi (correlation) kelas eksperimen lebih besar dari kelas Kontrol (0,636 > 0,170) artinya hubungan kuat dan positif. Nilai signifikansi kelas eksperimen mengalami perubahan yang lebih signifikan (berarti). Signifikansi kelas ekpesimen juga lebih besar dari pada kelas kontrol ( 23,302 > 9,856) yang artinya terdapat perubahan kemampuan menulis pantun siswa dengan menggunakan model kontekstual. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis Pantun dan Model Kontekstual en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kata kunci: Pembelajaran, Menulis Pantun dan Model Kontekstual en_US
dc.title PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL DI KELAS VII SMP N 2 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account