Unigal Repository

METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar)

Show simple item record

dc.contributor.author Azhar, Mely Laila
dc.contributor.author PAJRIAH, SRI
dc.contributor.author SURYANA, AAN
dc.date.accessioned 2022-10-13T06:12:06Z
dc.date.available 2022-10-13T06:12:06Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2066
dc.description.abstract Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh dari guru mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP IT Nurul Haromain kota banjar, ditemukan permasalahan dengan rendahnya kreativitas siswa. Dikarenakan metode yang digunakan saat pembelajaran hanya metode ceramah hal tersebut membuat siswa jenuh sehingga pembelajaran hanya terpusatkan pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPS dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan design quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar, dipilih satu kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan metode bermain peran ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan memilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Penggunaan metode metode bermain peran pada pembelajaran IPS, yaitu disusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah bermain peran, membuat kuisioner untuk pengukuran kreativitas siswa. Pengujian Normalitas dengan menggunkan ChiSquare,Pengujian realibilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. hasil penelitian penerapan metode bermain ditunjukan dari hasil rata-rata posttest siswa kelas eksperimen 59.50 sedangkan kelas kontrol adalah 53.00. maka, metode bermain beran dapat meningkatkan kreativitas siswa dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar. Kata Kunci: Metode, Bermain Peran, Kreativitas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Metode, Bermain Peran, Kreativitas. en_US
dc.title METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account