| dc.contributor.author | NURAINI, YAYANG AYU | |
| dc.contributor.author | TOTO | |
| dc.contributor.author | FATIMAH, AI TUSI | |
| dc.date.accessioned | 2022-10-12T04:30:30Z | |
| dc.date.available | 2022-10-12T04:30:30Z | |
| dc.date.issued | 2022-07-12 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2053 | |
| dc.description.abstract | YAYANG AYU NURAINI (2118180028). “Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Pendekatan Pembelajaran Open Ended”. Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, akan tetapi fakta di lapangan menunjukan bahwa kemampuan matematis siwa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis merupakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended dibandingkan dengan model pembelajara discovery learning dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent pretestt-posttest kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 4 Rancah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrument tes kemampuan representasi matematis siswa dengan pokok bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji dua pihak dengan uji nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik. Kesulitan siswa ketika memahami materi disebabkan oleh dampak pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat memberikan penugasan tambahan di rumah untuk menunjang pemahaman siswa terhadap materi selama proses pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran ATI, Pendekatan Open Ended. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
| dc.subject | Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran ATI, Pendekatan Open Ended. | en_US |
| dc.title | MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED | en_US |
| dc.type | Article | en_US |