Unigal Repository

PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TERPADU BADRUNA JATIWARAS

Show simple item record

dc.contributor.author Dina
dc.contributor.author Juandi, Juju
dc.contributor.author Gunawan, Heryanto
dc.date.accessioned 2022-10-04T07:08:52Z
dc.date.available 2022-10-04T07:08:52Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2039
dc.description.abstract Dina, 2108180081 “Pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif dengan menggunakan model two stay two stray pada peserta didik kelas IX SMP Terpadu Badruna Jatiwaras”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif sehingga guru melakukan treatment dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran; 2) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran; 3) mendeskripsikan perubahan kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif dengan menggunakan model two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain control group pre-test-post-test. Sumber data penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas IX SMP Terpadu Badruna Jatiwaras, sampel yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik yang digunakan yaitu teknik studi pustaka, observasi, dan tes. Hasil analisis penyusunan RPP sudah mengacu pada kurikulum 2013 sehingga memenuhi kriteria penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai observer 1 90 dan observer 2 90 dengan kriteria baik. Hasil analisis langkahlangkah pembelajaran pada kegiatan guru memperoleh nilai masing-masing observer yaitu 90 dan 85, dan kegiatan peserta didik memperoleh nilai masingmasing observer yaitu 89 dan 89 nilai ini masuk kedalam kriteria baik. Hasil analisis perubahan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur teks pidato persuasif diperoleh nilai rata-rata prates yaitu 65 dan hasil pascates memperoleh nilai rata-rata 83,7 terdapat selisih 18,7. Hasil uji-t, nilai ttabel 1,685 < thitung 3,841. Dalam pembelajaran menelaah kebahasaan teks pidato persuasif nilai rata-rata prates yaitu 57,5 dan hasil pascates memperoleh nilai ratarata 82,75 terdapat selisih 25,55. Hasil uji-t, nilai ttabel 1,685 < thitung 2,27. Maka terdapat perubahan yang signifikan pada kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif setelah menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Kata kunci: teks pidato persuasif, model two stay two stray. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject teks pidato persuasif, model two stay two stray. en_US
dc.title PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TERPADU BADRUNA JATIWARAS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account