Unigal Repository

IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author IMANISA, RORO TSABITA
dc.contributor.author ERLIN, EUIS
dc.contributor.author Effendi, Adang
dc.date.accessioned 2022-10-03T04:01:12Z
dc.date.available 2022-10-03T04:01:12Z
dc.date.issued 2022-09-03
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2023
dc.description.abstract RORO TSABITA IMANISA. (2118180020). Implementasi Pendekatan Realistics Mathemathics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang menggunakan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Majenang yang terdiri dari sepuluh kelas. Adapun sampelnya dipilih dengan teknik purposive sampling, dan yang terpilih yaitu kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah dianalisis setelah uji coba di kelas IX C sebanyak 27 siswa, hasil analisis menunjukkan bahwa kelima soal tersebut memenuhi syarat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik uji Mann-whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis en_US
dc.title IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account