dc.description.abstract |
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan
Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada
Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-
2020). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana
pengaruh profitabilitas terhadap manajemen laba?; 2]. Bagaimana pengaruh
solvabilitas terhadap manajemen laba?; 3]. Bagaimana pengaruh corporate social
Responsibility terhadap manajemen?; 4]. Bagaimana pengaruh profitabilitas,
solvabilitas dan corporate social Responsibility secara bersama-sama terhadap
manajemen laba? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1].
pengaruh profitabilitas terhadap manajemen laba; 2]. pengaruh solvabilitas
terhadap manajemen laba; 3]. pengaruh corporate social responsibility terhadap
manajemen laba; 4]. pengaruh profitabilitas, solvabilitas dan corporate social
responsibility secara bersama-sama terhadap manajemen laba.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis data deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan
riset internet. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Uji
Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi,
Uji Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji t parsial, dan Uji
Signifikansi menggunakan Uji F dengan menggunakan program SPSS 24.
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini maka
dapat disimpulkan bahwa: 1) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap
manajemen laba dengan besar pengaruh 12,5% dan sisanya 87,5% dipengaruhi
oleh faktor lain. 2) Solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen
laba dengan besar pengaruh 0,7% dan sisanya 99,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
3) corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap manajemen
dengan besar pengaruh 18,5% dan sisanya 81,5% dipengaruhi oleh faktor lain. 4).
Profitabilitas, solvabilitas dan corporate social responsibility berpengaruh
signifikan terhadap manajemen laba dengan besar pengaruh 28,2% dan sisanya
71,8% dipengaruhi oleh faktor lain. |
en_US |