Unigal Repository

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KONTEKSTUAL

Show simple item record

dc.contributor.author NAPISAH P., ANIS
dc.contributor.author FATIMAH, AI TUSI
dc.contributor.author NURAIDA, IDA
dc.date.accessioned 2022-10-03T03:48:32Z
dc.date.available 2022-10-03T03:48:32Z
dc.date.issued 2022-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2017
dc.description.abstract ANIS NAPISAH P. (2118180053). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kontekstual. Penelitian ini dilatar belakangi saat peneliti mewawancarai guru dan siswa MA MIFTAHUL FALAH menemukan masalah bahwa ternyata masih rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kontekstual pada pokok bahasan bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Miftahul Falah sebanyak enam orang. Pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan lima indikator kemampuan pemahaman konsep matematis menurut Wardhani (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang dan rendah dapat menyatakan ulang suatu konsep yang telah dipelajari sesuai tingkatannya. 2) Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis rendah dalam mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai konsepnya masih belum bisa menyajikannya dengan baik, hal tersebut terlihat dari kurangnya kelengkapan informasi yang tertulis pada lembar jawaban siswa. Siswa berkemampuan sedang hanya dapat mengklasifikasikan sebagian objek-objek matematika saja, sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi dapat menjawab dengan baik dan benar. 3) Siswa kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang dan rendah dapat memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari, meskipun kelengkapan jawaban sesuai dengan kemampuan matematisnya. 4) Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi dapat menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, sedangkan siswa yang berkemampuan matematis sedang dapat menyelesaiakan soal walaupun masih banyak kesalahan dan untuk siswa dengan kemampuan matematis rendah belum mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu.5) Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi mampu menerapkan konsep secara algoritma dengan baik dan benar, siswa berkemampuan sedang mampu menerapkan konsep secara algoritma walaupun masih banyak kesalahan dan untuk siswa dengan kemampuan matematis rendah belum dapat menerapkan konsep secara algoritma, bahkan siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis rendah cenderung belum memahami soal tersebut. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Soal Cerita, Kontekstual, Bangun Ruang. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Soal Cerita, Kontekstual, Bangun Ruang. en_US
dc.title KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KONTEKSTUAL en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account