Unigal Repository

PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VIII MTS AT-TAUBAH CIMANGGU KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP

Show simple item record

dc.contributor.author Susanti, Susi
dc.contributor.author JUANDI, JUJU
dc.contributor.author HIDAYAT, TAUPIK
dc.date.accessioned 2022-10-01T03:01:05Z
dc.date.available 2022-10-01T03:01:05Z
dc.date.issued 2022-07-23
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2000
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul Pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script pada siswa kelas VIII Mts At-taubah Cimanggu. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini bahwa kemampuan siswa yang kualitasnya rendah akan lebih mudah terlihat melalui cara berbicara. Maka dalam pembelajaran berbicara disekolah atau menceritakan kembali, peserta didik diharapkan tidak hanya mampu menguasai dan menghafal teori yang mereka pelajari, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa yang baik, dalam hal ini berbicara dapat digunakan untuk mengasah keterampilan peserta didik. permasalahan yang menjadi bahan pembahasan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimanakah perencanaan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script? 2) bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script? 3) bagaimanakah perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan setelah menggunakan metode cooperative script? apakah pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script pada siswa kelas VIII Mts At-taubah Cimanggu mengalami perubahan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A dan B berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII MTs At-taubah Cimanggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script hal ini dapat dilihat setelah melakukan uji-t. Kata kunci: pembelajaran, menceritakan kembali, metode cooperative script. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject pembelajaran, menceritakan kembali, metode cooperative script. en_US
dc.title PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VIII MTS AT-TAUBAH CIMANGGU KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account