Unigal Repository

PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI SERTA KEBAHASAAN TEKS HIKAYAT DAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAREGBEG

Show simple item record

dc.contributor.author AGUSTINA, KEKE RIEKE
dc.contributor.author MUNIR, S.
dc.contributor.author HIDAYAT, TAUPIK
dc.date.accessioned 2022-10-01T02:45:22Z
dc.date.available 2022-10-01T02:45:22Z
dc.date.issued 2022-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1996
dc.description.abstract Pembelajaran ini berjudul “Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran Di Kelas X SMA Negeri 1 Baregbeg”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa pada dasarnya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam menyampaikan teks hikayat oleh sebab itu siswa mengalami beberapa kesulitan untuk menemukan ide dan menuangkannya dalam bentuk kalimat sehingga siswa kurang antusias pada pembelajaran hikayat, selain itu minimnya buku-buku tentang sastra dan alokasi waktu yang terbatas karena covid-19 dijadikan alasan kurang optimalnya pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan metode peta pikiran dalam pembelajaran membandingkan nilai-nilai serta kebahasaan teks hikayat dan cerpen, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam membandingkan nilai nilai serta kebahasaan teks hikayat dan cerpen dengan menggunakan metode peta pikiran, mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam membandingkan nilai-nilai serta kebahasaan teks hikayat dan cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode peta pikiran. Metode yang digunakan dalam peneliti ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Perencanaan Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, 2) Pelaksanaan penggunaan teknik penugasan dalam Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen, Langkah-langkah pembelajaran ini menggunakan pendekatan saintifik, 3) Kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen terjadi perubahan kemampuan. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil pratest dan pascatest dapat dinyatakan bahwa hasil pascatest lebih baik dari pada hasil pratest. Dapat dilihat dari hasil Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen di kelas eksperimen dengan rata-rata pratest 69,7 dan rata rata pascatest sebesar 81,9, maka terjadi perubahan dari hasil pratest ke pascatest dengan selisih 1,22, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peta pikiran dapat mengembangkan kemampuan Membandingkan Nilai Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen di kelas X SMA Negeri 1 Baregbeg. Kata kunci: Pembelajaran, Hikayat, Peta Pikiran en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Pembelajaran, Hikayat, Peta Pikiran en_US
dc.title PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI SERTA KEBAHASAAN TEKS HIKAYAT DAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAREGBEG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account