Unigal Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESAIN (MID) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author CAHYANINGSIH, RINI TRI
dc.contributor.author TOTO
dc.contributor.author NURAIDA, IDA
dc.date.accessioned 2022-09-28T07:22:36Z
dc.date.available 2022-09-28T07:22:36Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1937
dc.description.abstract RINI TRI CAHYANINGSIH (2118180014) “ Implementasi Model Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa “ Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Exsperimental dengan desain The Non-equivalent Pretest Posttest Countrol Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Ciamis semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, dipilih kelas VIII B yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII A yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument tes yaitu berupa tes kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji perbedaan dua rerata data N- Gain. Hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan koneksi matematis antar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID), Pembelajaran Langsung, Kemampuan Koneksi Matematis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID), Pembelajaran Langsung, Kemampuan Koneksi Matematis en_US
dc.title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESAIN (MID) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account