Unigal Repository

PENGGUNAAN GAYA BAHASA PEDAGANG DI WATER PARK KOTA BANJAR

Show simple item record

dc.contributor.author NISA, ICA FARADILA
dc.contributor.author Herdiana
dc.contributor.author HIDAYATULLAH, ASEP
dc.date.accessioned 2022-09-28T07:05:58Z
dc.date.available 2022-09-28T07:05:58Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1934
dc.description.abstract ICA FARADILA NISA. PENGGUNAAN GAYA BAHASA PEDAGANG DI WATER PARK KOTA BANJAR: Pembimbing I; H.R. Herdiana, Drs., M.M. Pembimbing II; Asep Hidayatullah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu penggunaan gaya bahasa yang digunakan oleh pedagang saat berinteraksi dengan pembeli di Water Park Kota Banjar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pedagang di Water Park Kota Banjar. Landasan teori dari penelitian ini meliputi 1) Kata, 2) Kalimat, 3) Makna, 4) Nada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data berupa tuturan pedagang dan pembeli di Water Park Kota Banjar. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya teori yang digunakan menggunakan teori Gorys Keraf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, analisis kontekstual, menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini ditemukan gaya bahasa berdasarkan pilihan kata jenis percakapan. Gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat jenis repetisi. Gaya bahasa berdasarkan ketidaklangsungan makna jenis kiasan. Gaya bahasa berdasarkan nada jenis gaya bahasa sederhana dan menengah. Hasil tersebut menunjukan penggunaan gaya bahasa sangat bervariasi. Penelitian gaya bahasa ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik (guru) sebagai bahan alternatif dalam mengembangkan bahan ajar atau materi ajar. Hasil penelitian ini memiliki kesesuaian atau kecocokan dengan prinsip-prinsip kriteria bahan ajar yakni prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan. Kata Kunci : Gaya Bahasa, Pedagang dan Pembeli. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Gaya Bahasa, Pedagang dan Pembeli en_US
dc.title PENGGUNAAN GAYA BAHASA PEDAGANG DI WATER PARK KOTA BANJAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account