Abstract:
Kelurahan Ciamis merupakan instansi yang berhubungan langsung dengan
masyarakat dengan cara memberikan pelayanan. Dalam pelaksanaan nya masih
terdapat permasalahan yang dihadapi seperti kurang tanggapnya pegawai,
perbedaan pemberian pelayanan, pelayanan yang kurang cepat. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana pelayanan di Kelurahan Ciamis;
Bagaimana kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis; Bagaiaman pelayanan
terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis. Adapun tujuan pada
penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: pelayanan di Kelurahan
Ciamis; kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis; pelayanan terhadap kepuasan
masyarakat di Kelurahan Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptive perivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah
populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah Masyarakat Kelurahan
Ciamis, dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data
digunakan Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Liniear Sederhana,
Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil dari penelitian
dan pengelolaan data secara deskriptif menunjukkan bahwa variabel Pelayanan
memiliki interpretasi tinggi dan variabel kepuasan masyarakat memiliki
interpretasi tinggi. Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat
dengan besarnya pengaruh sebesar 86,49% dan sisanya 13,51% dipengaruhi oleh
faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan
berpengaruh positif, kepuasan berpengaruh positif dan pelayanan terhadap
kepuasan memiliki pengaruh positif. Dengan demikian, semakin baik pelayanan
yang diberikan maka kepuasan masyarakat akan terlampaui sesuai harapan
masyarakat.